Lionel Messi

Selasa, 08 Januari 2013 | komentar




Nama lengkap      : Lionel Andres Messi
Tanggal Lahir       : 24 Juni 1987
Tempat Lahir        : Rosario, Argentina
Tinggi Badan        : 169 cm
Kewarganegaraan  : Argentina
Posisi                  : Penyerang
Bermain di Klub    : Barcelona
Warna Mata          : Hitam
Ayah                    : Jorge Horacio Messi
Pekerjaan Ayah     : Karyawan pabrik baja
Ibu                      : Celia Maria Cuccittini
Pekerjaan Ibu       : Petugas kebersihan paruh waktu
Saudara               : Rodrigo (kakak), Matias (kakak), Maria Sol (adik)
Kekasih                : Antonella Roccuzzo (bertunangan)
Anak                    : Thiago Messi (laki-laki, l. 2-Nov-2012

Lionel Andres Messi yang dikenal dengan Lionel Messi, lahir di Rosario, Argentina, pada 24 Juni 1987. Saat ini pemain tim nasional Argentina bertinggi 169 cm itu bermain di La Liga bersama Barcelona sebagai penyerang. Di usianya yang masih 21 tahun, Lionel Messi dianggap sebagai salah satu talenta terbaik Argentina. Lionel Messi kerap dibanding-bandingkan dengan Diego Maradona. Maradona menganggap bahwa Lionel Messi adalah suksesor pemain yang membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 itu.

Lionel Messi adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah. Lionel Messi mengawali karir sepak bola profesional pertamanya bersama Barcelona setelah sebelumnya sempat bergabung dengan tim junior Newell's Old Boys. Debut Lionel Messi bersama Barcelona adalah pada musim 2004-2005 dan mencatat rekor sebagai pemain paling muda yang bermain dan mencetak gol di La Liga (17 tahun 114 hari), melawan RCD Espanyol, sebelum dipatahkan oleh Bojan Krkic pada September 2007. Lionel Messi berusia 15 tahun, 10 bulan dan 7 hari, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona sebelum kembali dipatahkan Krkic pada 2007, yang mencetak gol dari assist Lionel Messi.

Pada musim pertamanya di Barcelona, Lionel Messi turut mengantar El Barca menjuarai La Liga, dan musim berikutnya meraih gelar ganda yaitu La Liga dan Liga Champions. Pada musim 2006-2007, Lionel Messi mencetak hattrick ke gawang Real Madrid pada pertandingan 'el classico' dan mencetak 14 gol dalam 26 pertandingan.

Di usia 21 tahun, Lionel Messi telah dinominasikan untuk Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA. Pada 2009, ia memenangi Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Dunia FIFA dan penghargaan pertama FIFA Ballon d`Or pada 2010 dan 2011.

Lionel Messi adalah pemain keempat yang menjuarai tiga Ballon d`Or, dan pemain kedua yang memenangi Ballon d`Or dua kali berturut-turut. Ia telah menjuarai lima La Liga, dua Copa del Rey, lima Supercopa de Espana, tiga Liga Champions UEFA, dua Piala Super Eropa dan dua Piala Dunia Klub. Pada 2012, ia mencetak rekor Liga Champions UEFA dengan menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Di tim nasional Argentina, Lionel Messi memenangi gelar juara Piala Dunia Junior 2005 dan pada 2008 menjuarai Olimpiade di Beijing. Bersama Tim Tango senior, Lionel Messi melakoni debutnya pada 17 Agustus 2005 saat berusia 18 tahun 54 hari.

Lionel Messi adalah pencetak gol terbanyak Piala Dunia FIFA U20 2005 dengan lima gol. Pada 2005, ia menjadi orang Argentina termuda yang bermain di Piala Dunia FIFA dan memenangi medali perak di Copa América 2007, dimana ia menjadi pemain muda terbaik.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Serba Serbi Bola - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger